Pariwisata

by MTsN Kota Probolinggo | 03.08 in |

WISATA KOTA PROBOLINGGO


PELABUHAN TANJUNG TEMBAGA




Tanjung Tembaga merupakan Pelabuhan yang tepatnya berada di Kota Probolinggo. Pelabuhan ini termasuk dalam jajaran pelabuhan yang besar dikarenakan banyaknya kapal-kapal dari daerah lain yang singgah di Pelabuhan Tanjung Tembaga ini. Aktivitas di Pelabuhan Tanjung Tembaga sangat padat, dimana para nelayan selalu berkumpul di Pelabuhan ini setelah melakukan penangkapan ikan. Suasana di Pelabuhan ini sangat indah, namun sayangnya oleh Pemerintah Kota Probolinggo kurang dipelihara alhasil banyak sampah disana-sini dan bau ikan yang sangat tidak sedap. Hal ini cepat mendapat respon dari Pemerintah Kota Probolinggo dengan dibangunnya Pelabuhan Tanjung Tembaga II yang berada hampir berdekatan dengan Pelabuhan Tanjung Tembaga yang utama, tujuannya yaitu dipisahkannya antara Pelabuhan I yang digunakan sebagai berlabuhnya kapal-kapal dan aktivitas nelayan juga pasar ikan, sedangkan di Pelabuhan Tanjung tembaga II digunakan sebagai tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan lokal. Suasana di Pelabuhan Tanjung Tembaga II ternyata berbeda, suasananya lebih bersih, indah serta nyaman, dan di Pelabuhan II pun banyak orang-orang memancing.
Seperti yang dilansir di situs Pemancing.com ternyata Pelabuhan Tanjung Tembaga Kota Probolinggo mempunyai daya tarik sendiri, oleh karena itu mereka sepakat akan mengadakan Lomba memancing yang diadakan tanggal 20 Maret 2010. Kebanyakan ikan yang didapat dari memancing adalah ikan Krapu dan ikan Kakap. Event seperti ini yang pasti akan memberikan suatu kontribusi yang besar bagi Pelabuhan Tanjung Tembaga dimana nama Pelabuhan Tanjung Tembaga akan banyak dikenal oleh masyarakat di luar Kota Probolinggo, karena dipastikan Pengunjung atau peserta lomba kebanyakan pemancing Profesional yang berdomisili di luar Kota Probolinggo.Kita sebagai warga Kota Probolinggo seharusnya merasa bangga karena kami memiliki Pelabuhan dimana Pelabuhan tersebut mempunyai potensi yang luar biasa untuk dikembangkan lebih lanjut. Kita bersama sebagai warga Kota Probolinggo wajib menjaga keutuhan aset besar Kota Probolinggo ini untuk kita kembangkan demi Kemajuan Kota Probolinggo
Laut yang menawarkan keindahan dan sejuknya angin pada waktu pagi dan sore hari. Tempat ini cocok untuk berkumpulnya keluarga untuk menikmati keindahan pemandangannya. oh iya disini kita juga bisa berkeliling menggunakan perahu yang bisa kita sewa berputar-putar pantai Probolinggo.Selain itu juga memiliki fungsi dan potensi sebagai beikut.



FUNGSI
1.Sebagai tempat belabuhnya kapal laut/nelanyan
2.Sebagai tempat memancing ikan
3.Sebagai lapangan pekerjaan.
4.Tempat untuk mengapresiasikan suatu imajenasi.

POTENSI
1.Tanjung Tembaga mempunyai potensi sebagai tempat penangkaran ikan laut misalnya ikan kerapu,ikan bandeng dan lain sebagainya.
2.Diharapkan Tanjung Tembaga mampu dijadikan sebagai tempat ajang pemancing ikan Profesional
3.Mampu menciptakan lapangan pekerjaan.
4.Dapat mengurangi jumlah pengangguran.


TAMAN WISATA STUDI LINGKUNGAN




Berawal dari sebuah keinginan untuk dapat menyediakan suatu wahana rekreasi untuk bersantai dan wahana yang berwawasan studi lingkungan yang rindang, indah dan nyaman. Sangat cocok sekali untuk melepas kepenatan dunia kerja dan hiruk pikuk perkotaan. Maka dibuatlah Taman Wisata Studi Lingkungan (TWSL).Taman wisata ini selain menampilkan aneka dan beragam jenis satwa, juga menghadirkan beraneka jenis tanaman dan pepohonan sehingga para wisatawan dan pengunjung tidak hanya sekedar berekreasi dan bersantai, namun juga bisa menambah pengetahuan akan flora dan fauna.Selain disebut Taman wisata Studi Lingkungan (TWSL), masyarakat Kota Probolinggo juga mengenalnya dengan sebutan Ruang Terbuka Hijau (RTH). Karena memang banyak terdapat pepohonan yang semakin menambah keasrian dan kesejukan.
Selain itu ,TWSL juga mempunyai fngsi dan potensi. Sebagai mana kita ketahui sebagai berikut,


FUNGSI
1.Tempat berkumpulnya keluarga,baik keluarga jauh maupun keluarga dekat..
2.Sebagai obyek wisata bahari
3. Tempat pembelajaran di luar sekolah.
4. Sebagai tempat bermain anak-anak.


POTENSI
1.Membawa dampak positif terhadap keadaan kota dan sekitarnya,yaitu dapat mengurangi pemanasan global,menyejukkan sekitar taman dan lain sebagainya.
2.Dapat mengurangi polusi udara.
3.Dapat mencegah akan datangnya bahaya banjir dikala musim hujan datang.
4.Dapat mencegah akan punahnya hewan dan tumbuhan yang sudah langka.

ALUN-ALUN KOTA PROBOLINGGO




Alun-alun Kota Probolinggo merupakan salah satu tempat hiburan alternatif yang banyak dikunjungi oleh masyarakat. Alun-alun Kota Probolinggo terletak di tengah kota, sehingga sangat memudahkan masyarakat untuk berkunjung.Selain lapangan, di Alun-alun Kota Probolinggo juga terdapat wahana atau taman bermain untuk anak-anak. Tidak ketinggalan juga disediakan taman bunga yang semakin menambah keindahan dan keasrian Alun-alun Kota Probolinggo. Hal inilah yang sering membuat masyarakat menjadi gemar melakukan olahraga bersama pada setiap hari Jumat dan Minggu.
Di tempat ini juga terdapat aneka jajanan bagi pengunjung yang gemar bersantai sambil menikmati jajanan khas pedagang kaki lima. Terutama di hari Minggu pada pagi hari terdapat event “Sunday Morning”, dimanapengunjung hanya akan menemui aneka jajanan yang hanya diperdagangkan pada hari itu saja. Selain itu pengunjung akan dimanjakan dengan keindahan aneka tanaman hias yang diperdagangkan dengan harga terjangkau.Di sisi lain,alun-alun kota probolinggo juga mempunyai fungsi dan potensi sebagai berikut.

FUNGSI
1. Sebagai tempat senda gurauan,bercanda tawa,bergembira ria dan lain sebagainya bersama orang terdekat kita.
2.Sebagai tempat bertemunya pujaan hati,umumnya pada kalangan remaja.
3. Sebagai tempat bergembira ria bersama keluaga
4. Sebagai sarana hiburan alternatif
5. Sebagai tempat memperingati hari-hari besar nasional


POTENSI
1. Dapat dijadikan wahana taman bermain anak-anak.
2. Dapat mengurangi angka pengangguran,contohnya banyak pedagang kaki lima disekililing alun-alun
3. Dapat mengatasi polusi udara.

0 komentar:

Categories

About me